Jumat, 15 Januari 2016

Cara Agar Masakan Buncis Tetap Renyah dan Berwarna Hijau Cerah

Agar mempunyai tekstur empuk dan juicy pada umumnya buncis dikukus atau direbus. Buncis dapat digunakan sebagai pelengkap lalapan atau untuk tumisan. Buncis yang mudah diolah adalah buncis Prancis, meskipun banyak juga yang menggunakan buncis biasa.
Sebelumnya pilihlah buncis yang masih muda dengan ukuran yang sama panjang. Dengan cara ini diharapkan pada saat direbus proses matang buncis dapat bersamaan. Hal ini bertujuan agar mendapatkan warna hijau yang cerah dan teksturnya renyah. Kemudian ujung-ujung buncis dibersihkan terlebih dahulu sebelum direbus.
Rebuslah air sampai mendidih dan beri sedikit garam. Kemudian buncis yang sudah dibersihkan tadi dimasukkan dan didihkan selama lebih kurang tiga menit lalu diangkat dan ditiriskan. Selanjutnya segera rendam buncis yang sudah direbus tersebut ke dalam wadah yang berisi es batu dengan sedikit air. Biarkan sampai buncis benar-benar dingin.
Jika sudah benar-benar dingin, buncis ditiriskan sampai kering. Kini buncis siap disajikan sebagai tumisan, sebagai pelengkap lalapan, atau pelengkap beefsteak. Potong buncis sesuai kebutuhan resep kita. Teksturnya akan tetap renyah dan warnanya tetap hijau dan indah. Tumislah buncis dengan mentega yang tidak terlalu banyak jika masih ingin lebih gurih.
Buncis juga dapat dikukus, caranya panaskan kukusan sampai benar-benar panas. Kemudian masukkan buncis dalam kukusan lebih kurang selama tiga menit. Angkatlah buncis segera dan didinginkan. Buncis dapat segera disajikan atau untuk campuran makanan yang lain.
Buka Kolom Komentar

0 komentar