Selasa, 13 September 2016

Cara Memilih dan Membeli HP Android Sekond

Jaman sekarang ini hampir setiap orang mempunyai hp android bahkan banyak juga diantara kita yang memiliki lebih dari satu hp. Hp android selalu diluncurkan dengan versi yang lebih canggih dari masa ke masa yang pada akhirnya memaksa kita untuk selalu update versi yang lebih tinggi. Tetapi jika melihat harga hp yang ditawarkan dalam kondisi baru boleh dikatakan lumayan menguras kantong. Hp andoid bekas atau yang terkenal dengan istilah hp android sekond pun menjadi pilihan yang menarik mengingat harga yang ditawarkan terjangkau bahkan bisa jauh lebih murah mencapai 50% dari harga baru. Tetapi harga yang murah bukanlah prioritas utama  dalam membeli hp android sekond, karena bisa jadi kita beli smartphone murah tetapi yang kita dapatkan perangkat dengan kondisi buruk bahkan kritis hampir mati.
tips memilih smartphone bekas

Kita harus teliti dan perlu memperhatikan dengan betul kondisi perangkat maupun spesifikasi hp android yang akan dibeli. Berikut ini saya bagikan cara memilih sebelum membeli hp android second agar tetap berkualitas baik:

Mengecek kondisi secara fisik kasat mata

Yang pertama tentunya kita harus mengecek fisik terutama bodi perangkat. Bias kelihatan kasat mata cacat atau tidaknya bodi perangkat seperti retak, warna yang luntur atau lecet-lecet di badan hp. Harus sangat teliti dan detail jika perlu pilih yang masih sangat mulus tampak luarnya.

Mengecek Segel distribusi

setelah mengetahui kondisi fisik kasat mata, mulailah kita mengecek data dengan melihat segel distribusi karena proses ini akan menentukan pernah atau tidaknya perangkat hp android diservis atau diperbaiki. Buka casing penutup bagian belakang kemudian cek secara teliti kertas segel yang menempel dan data-datanya termasuk baut yang bias jadi hilang. Karena ada banyak hp android sekon yang awalnya rusak kemudian di rekondisi dan dijual kembali. Pilihan utama kita adalah perangkat yang masih ori belum pernah diservis sebelumnya.

Mengecek Kelengkapan perangkat

Terkadang karena kita belum membutuhkan perangkat lain yang melengkapi hp android yang akan kita beli seperti kabel data, headset dan dusbook. Yang paling tidak terlupakan adalah hanya hp dan cargernya, karena itu yang paling kita butuhkan. Tetapi harus diingat bahwa paket yang lengkap harganya akan berbeda, jadi jika kelengkapan tidak ada kita harus menawar lagi lebih murah.

Mengecek Speisifkasi perangkat

Spesifikasi perangkat hp android adalah hal yang juga harus kita lakukan dengan teliti sebelum memutuskan membeli hp android sekond. Cek keseluruhan mulai cpu, kapasitas ram, maupun mode untuk koneksi internet yang dipergunakan, bagian layar, serta kualitas kamera. Kita bisa mengeceknya di menu pengaturan android, karena sepesifikasi sangat menentukan harga.

Mengetahui harga  pasaran baru maupun sekond

Kita bisa cari di internet kisaran harga tersebut dengan update tanggal yang terbaru. Dengan kisaran harga pasar baru maupun sekond barang yang sama jenis, kita dapat menentukan berapa harga yang pas untuk menawar hp second memperhatikan kondisi fisik hp android yang ditawarkan kepada kita.

Mengecek No. IMEI

Mengecek no. imei merupakan hal yang harus dilakukan sebelum membeli hp, hal ini bertujuan agar keaslian hp  android bisa dipertanggungjawabkan. harus dipastikan no. imei di hp android sesuai dengan no. imei di dosbook, cara mengecek no. imei di android adalah dengan mengetikkan *#06#* kemudian panggil.

Mengecek kondisi fitur untuk aksesoris

Mengecek fitur aksesoris yang ada pada perangkat harus detail misalnya dengan cek microphone dan speaker untuk melakukan panggilan suara. mengecek usb port, mengecek layar sentuh atau LCD dengan mengetik *#*#2664#*#* untuk mengecek kondisi LCD masih normal atau tidak. Karena di gadget android jika LCDnya error atau rusak berakibat hp tidak ada gunanya. Jadi pastikan semua fitur dalam kondisi yang normal.

Mengecek Kondisi Baterai perangkat

Mengecek kondisi baterai perangkat android sangat diperlukan, baterai android ada yang sistem tanam atau baterai tidak dapat dilepas dan sistem tidak tanam atau baterai bisa dilepas. Yang pasti tidak memilih baterai yang tampak melembung bahkan sudah membesar, karena baterai telah menggelembung kapasitasnya sudah berkurang dan cepat habis dayanya.


Memastikan sinyal harus normal

Kekuatan sinyal hp android sangatlah penting diperhatikan. Karena sinyal sangat penting dan utama untuk komunikasi maupun transfer data. Terutama karena smartpone adalah jaringan HSDPA dan LTE harus normal. Kita dapat mengecek dengan mencoba internet, sms maupun telepon.


Kiranya itulah hal terpenting dalam memilih sebelum membeli hp android yang kita butuhkan, kuncinya pada ketelitian kita dalam mengamati setiap tawaran yang diberika. jika ingin bertanya lebih lanjut mari kita diskusikan pada kolom komentar. Semoga kita tidak salah pilih dalam membeli perangkat yang dibutuhkan. Terima kasih.
Buka Kolom Komentar

0 komentar