Rabu, 13 Januari 2016

Salut, Tiap Hari Dibersihkan Kali Baru Barat di Jakarta Selatan

Apresiasi patut diberikan untuk petugas kebersihan Kali Baru Barat. Sampah-sampah di kali perbatasan Jakarta selatan dengan Depok, Jawa barat ini dibersihkan petugas kebersihan Kali Baru Barat setiap hari. Apresiasi patut diberikan untuk petugas kebersihan Kali Baru Barat.
Ada lebih dari sepuluh  petugas kebersihan terlihat setiap harinya di Jalan Moh Kahfi II, Jagakarsa. Setiap melewati Jalan Tanah Baru daerah Depok ke arah Jakarta Selatan terlihat pemandangan yang menarik.
Sampah-sampah di kali di beberapa tempat terlihat dibersihkan oleh puluhan petugas kebersihan pada Rabu pagi ini (13/01/2016).
Sampah plastik, kain, gabus dan berbagai jenis sampah rumahtangga lainnya dikeruk petugas dan diletakkan di pinggir kali dengan cekatan oleh petugas. Sampah-sampah yang telah tertumpuk tak lama kemudian diangkut oleh truk warna orange untuk di buang ke penampungan akhir sampah.
Menurut Wandi Setiawan, Ketua regu kebersihan wilayah Jl. M. Kahfi II Jagakarsa Kali baru Barat, kali tersebut dibersihkan olehnya setiap hari mulai jam tujuh pagi sampai jam tiga sore.
Agar Sampah selalu dibersihkan dan dijaga supaya tidak terjadi banjir, Wandi dan 17 petugas diinstruksikan membersihkan kali dari perbatasan Depok sampai ke Setu Babakan.
Sekarang air sungai itu sudah bersih dan lancar mengalir sejak sering dibersihkan dan dikeruk sampahnya. Dulu kali itu banyak sampahnya sehingga terjadi pendangkalan kali, menurut Wandi.
Wandi menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan agar semua sungai agar tidak banjir supaya dibersihkan sehingga petugas terus bekerja agar sampah tidak menumpuk..
Wandi berharap, kebiasaan buruk buang sampah di sungai oleh masyarakat untuk dihentikan karena dapat merugikan semuanya. Setiap hari wandi dan petugas lainnya dapat mengeruk sekitar setruk sampah dari kali itu. Apalagi jika dibuka yang di Depok, bisa jadi tiga truk didapat karena kiriman sampah dari atas.
Jika sungai bersih semua jadi senang, seperti zaman dulu anak-anak dapat bermain di kali, tambah Wandi.
Buka Kolom Komentar

0 komentar