Jumat, 09 September 2016

Cara Menghemat Daya Baterai Gadget Android

Hallo pembaca setia blog, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips agar daya baterai gadget smartphone terutama ponsel kita hemat dan tidak cepat habis. Meskipun charger portable bisa dibawa kemana-mana setiap hari, tetapi terkadang tugas dan pekerjaan menuntut kita harus selalu mobile dan bergerak cepat. Hal tersebut membuat kita membuat kita benar-benar repot, apalagi tidak jarang kita tidak menemukan stop kontak sama sekali disekitar kita untuk mengisi ulang baterai. Belum lagi tas menjadi lebih berat dengan tambahan perangkat charger portable.
menghemat baterai gadget android

Baca Juga: Tips Jitu Memperbaiki Google Playstore Yang Error/Tidak Bisa DiBuka

Tentunya bukan sebuah rahasia sebenarnya trik untuk menghemat daya baterai gadged seperti ini, bahkan mungkin ada banyak trik yang lain selain cara yang ingin saya sampaikan. Semakin banyak pilihan cara yang digunakan akan semakin bagus, karena kenyataanya memang banyak hal yang bisa kita lakukan agar daya baterai lebih bertahan lama. Silahkan simak cara dibawah ini yang akan bisa menambah umur daya baterai di gadget kita, meskipun tidak begitu signifikan tetapi tidak ada salahnya dicoba.

1. Menonaktifkan Aplikasi

Aplikasi tertentu sebaiknya diaktifkan hanya pada saat kita mau menggunakan, karena semakin banyak aplikasi pada gadget yang aktif dan bekerja sudah tentu penggunaan daya baterai akan semakin banyak pula. Jika memang sedang tidak digunakan aplikasi tersebut ada baiknya kita nonaktifkan sementara, dengan demikian daya batarai akan lebih hemat.

2. Menutup "Location Services"

Saat kita tidak sedang memakai peta digital seperti Google Maps maupun Waze, ada baiknya GPS kita nonaktifkan sementara sehingga baterai gadget kita dapat bertahan seharian. Hal ini disebabkan fasilitas gadget menggunakan GPS memakan banyak daya pada baterai.

3. Mematikan Notifikasi

Terkadang agar selalu update informasi banyak notifikasi seperti ada email yang baru saja masuk, update media sosial seperti Twitter dan Facebook, serta Instagram. Notifikasi semacam ini sebaiknya jika tidak dalam darurat dinonaktifkan sementara, apalagi jika kita sedang dituntut menyelesaikan tugas lebih cepat notifikasi bisa mengganggu kerja kita. Notifikasi cukup banyak menghisap daya pada baterai.

4. Mengupdate Software

Banyak ponsel sekarang ini ditanam didalamnya software penghemat energi dan dirancang khusus agar daya baterai maksimal. Kita akan selalu diminta untuk update software gadget dan kita harus mengupdatenya ke versi yang terbaru agar baterai bisa tahan lama.

5. Mematikan Bluetooth

Jika kita sedang memerlukan koneksi Bluetooth alangkah baiknya kita mematikan Bluetooth. Koneksi semisal speaker, smartwatch atau gadget fitness dengan menggunakan Bluetooth jika dibiarkan terus menyala akan banyak memangkas daya baterai.

6. Menurunkan Cahaya LCD

Sebaiknya kita mengatur pencahayaan LCD agar tidak terlalu terang tetapi juga tidak gelap atau sangat redup. Hal ini sangat efektif dalam menghemat daya baterai.

7. Andalkan Wifi

Mengakses data menggunakan koneksi jaringan mobile lebih banyak memakan daya baterai dibanding dengan koneksi wifi. Jadi selagi tersedia fasilitas wifi sebaiknya kita pergunakan fasilitas wifi dan mematikan sementara koneksi jaringan mobile agar daya baterai lebih hemat. 
Demikian beberapa cara menghemat baterai gadget terutama android. Semoga bisa bermanfaat terutama ketika sedang sibuk dengan aktivitas yang menghabiskan banyak waktu. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca blog saya.

Buka Kolom Komentar

0 komentar