Rabu, 24 Agustus 2016

Tips Menikmati Wisata Mandi Air Hangat di Guci Tegal

Tak terbayang betapa nikmatnya, sambil melihat pemandangan yang sangat indah khas pegunungan yang dingin dan asri, mencicipi minuman kesukaan yang panas, dan tidak ketinggalan mandi air hangat dari air pegunungan Slamet Jawa Tengah. Wisata yang terletak di desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, ini dinamakan Wisata Pemandian Air Panas Guci. Wisata ini mempunyai area dengan luas kurang lebih 211 Hektar serta memiliki ketinggian sekitar 1.052 meter diatas permukaan laut. Berjarak tempuh sekitar 30 kilometer dari ibukota Kabupaten Tegal, serta dari Kotamadya Tegal berjarak kurang lebih 42 kilometer dari arah utara.
Pencuran-pancuran yang terdapat di objek wisata Guci mengalirkan air hangat yang dipercaya pengunjung yang dating dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti reumatik, luka-luka di kulit dan penyakit kulit yang lain. Banyak pengunjung yang percaya pada khasiat pancuran air hangat terutama yang dinamakan pancuran 13 yang sesuai namanya pancuran ini mengalirkan air hangat sejumlah tiga belas buah pancuran.

Di daerah Guci terdapat kurang lebih sepuluh air terjun yang terletak di  atas pemandian umum pancuran tiga belas, Air Terjun Jedor adalah air terjun yang mengalirkan air dingin, air terjun yang lain umumnya mengalirkan air yang hangat. Dinamai Air Terjun Jedor karena dulu wilayah di area air terjun setinggi limabelas meter tersebut merupakan milik seorang lurah yang namanya Lurah Jedor. Pengunjung juga bisa berkeliling di sekitar area obyek wisata dengan mengendarai kuda dengan menyewa kuda yang tarif sewanya relatif sangat murah.
Wisata air panas Guci menjadi sangat menarik karena menyediakan banyak fasilitas yang membuat pengunjung merasa dimanjakan, Pengunjung dapat menyewa penginapan, hotel, villa maupun losmen dengan banyak fasilitas yang ada didalamnya seperti kamar mandi air hangat alami. wisata air panas Guci juga menyediakan wisata alami hutan, lapangan untuk tenis dan lapangan untuk sepak bola serta lapangan untuk perkemahan atau untuk sekedar camping.
Untuk menambah destinasi pengunjung, wisata air panas Guci kini menambah wahana baru di sekitar area wisata yaitu pemandian air panas Guciku Hot Waterboom. Wahana ini berupa permainan air yang terdiri dari kolam renang biasa, kolam badan Guci dan kolam rendam, serta arus jeram.
Fasilitas tambahan juga banyak disediakan untuk pengunjung, seperti fasilitas ruang untuk bilas atau ruang untuk ganti pakaian, penginapan, pertokoan yang menyediakan pernak-pernik dan yang dapat dijadikan oleh-oleh pengunjung dan restoran untuk menikmati aneka kuliner.
Objek wisata air Panas Guci akan sangat ramai pada malam jumat, terutama pada malam jumat kliwon. Karena menurut mitos yang berkembang, pengunjung yang mandi sekitar jam dua belas malam disertai permohonan sesuatu pada malam jumat kliwon, maka apapun permohonan pengunjung tersebut akan terkabul. masyarakat sekitar Guci biasa menyebut ritual ini dengan sebutan “ngalap berkah”.
Ngalap berkah adalah tradisi yang sudah menjadi budaya secara turun temurun. Konon sumber air panas yang terdapat di area Guci zaman dulu keluar karena ada seorang wali sakti yang menancapkan tongkatnya ke dalam tanah dengan membawa air yang panas di tempatkan dalam dalam guci,, maka keluarlah dari dalam tanah air panas yang terus mengalir atas izin Allah.
Untuk dapat masuk ke tempat wisata Pemandian Air Panas Guci, pengunjung  dapat menempuh perjalana dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. ketika mengendarai kendaraan umum, pengunjung dapat turun saat sampai di terminal kota Tegal, kemudian melanjutkan perjalanan mengendarai transportasi umum atau minibus yang menuju ke Desa Tuwel daerah Kecamatan Bojong.
Jarak tempuh dari terminal kota Tegal menuju Desa Tuwel ini sekitar 35 menit. Selanjutnya, dari Desa Tuwel, pengunjung dapat meneruskan perjalanan dengan mengendarai kendaraan umum yang menuju ke arah Pemandian Air Panas Guci dengan jarak tempuh kurang lebih 25 menit.
Tiket untuk dapat masuk ke wisata Pemandian Air Panas Guci ini sangat murah murah bila dibandingkan dengan tempat wisata air panas lainnya. Tiket hari biasa pengunjung dewasa adalah sebesar Rp. 5.000 dan Rp. 4.500. dikenakan untuk anak-anak.
Khusus untuk akhir pecan atau hari libur, pengunjung akan dikenakan tarif tiket yang lebih mahal selisih dua ribu rupiah, yaitu Rp. 7.000,- dikenakan untuk orang dewasa dan dan untuk anak-anak dikenai harga tiket Rp. 6.50. Perlu diperhatikan mengingat biaya yang dibayarkan pengunjung sudah termasuk untuk biaya asuransi jasa raharja.
Akkhirnya semoga tulisan ini dapat menarik pembaca untuk berkunjung ke wisata sumber air panas Guci di Tegal. menurut penulis wisata ini sangat menarik untuk sarana melepaskan kepenatan dan kesibukan kerja sehari-hari. Selamat menikmati liburan!
Buka Kolom Komentar

0 komentar