Sabtu, 16 Januari 2016

Amankah Melihat Gerhana Matahari Langka Maret Tahun Ini

Diperkirakan tanggal 9 Maret tahun ini pada pagi hari akan menjadi pemandangan yang indah dan menarik di Indonesia. Tiba-tiba langit akan berubah menjadi gelap pada pagi itu. Peristiwa alam gerhana matahari secara total diprediksi akan terjadi di negara tercinta ini.
Pada puncak terjadinya nanti keindahan mahkota matahari berupa keindahan korona akan dapat dilihat secara langsung oleh mata. Sinar yang dihasilkan gerhana kali ini menurut kepala Lembaga Panerbangan dan Antariksa Nasional tidak membuat buta mata yang melihatnya. Jika dilakukan dengan cara yang benar pengamatan gerhana langka ini tidak membahayakan.
Untuk melihat matahari saat gerhana nanti, gunakan kacamata khusus sebagai filter saat langit mulai menjadi gelap tanda gerhana memasuki fase gerhana sebagian. Dengan cara ini pengamatan terhadap gernana nanti menjadi aman.
Pada saat itu sinar matahari belum tertutup semuanya sehingga ada sebagian sinar yang dapat merusak mata karena intensitasnya masih kuat. Pada saat itu disarankan agar tidak terlalu fokus melihat matahari.
Setelah itu kita bisa mulai melepas kacamata khusus pelindung mata saat langit sudah gelap dan matahari tertutup total. Dengan mata secara langsung gerhana indah itu bisa disaksikan. Dengan durasi sekitar  tiga menit tidak disarankan menatap terlalu lama. Kacamata khusus harus sudah dipakai saat langit kembali terang karna matahari sudah mulai tersibak agar retina tidak rusak.
Lapangan tanpa ada pohon yang menghalangi, pantai, atau tempat yang tinggi menjadi tempat terbaik melihat gerhana indah ini. Masyarakat indonesia diharapkan tidak melewatkan fenomena gerhana indah ini. Karena masih ada yang beranggapan bahwa pada saat gerhana sinar matahari yang memancar dapat membuat buta mata yang melihatnya.
Buka Kolom Komentar

0 komentar