Selasa, 02 Februari 2016

Tampilan Blog yang SEO Friendly

Tampilan blog ternyata sangat menentukan keberhasilan Anda dalam membuat blog tersebut berada di posisi halaman pertama search engine seperti Google. Karena itu, ada baiknya tidak mendesain blog secara asal-asalan khususnya jika Anda merencanakan sesuatu yang besar di kemudian hari dengan blog tersebut.

Nama domain blog
Salah satu elemen penting dalam tampilan blog adalah nama domain. Karena Anda ingin membuat blog untuk kepentingan SEO, maka ada baiknya mengikuti kaidah-kaidah SEO. Misalnya, pilihlah nama domain yang sesuai dengan tema blog Anda. Jika Anda ingin membuat blog dengan tema kuliner maka Anda bisa mencoba membuat nama domain kulinerseru.com atau lainnya. Dengan begitu, nama domain Anda nantinya lebih mudah diindeks oleh search engine.


Tampilan template
Setelah mendapatkan nama domain yang sesuai, Anda pun masih harus memerhatikan template pada blog Anda tersebut. Anda boleh saja membuat tampilan blog dengan semenarik mungkin, namun pastikan bahwa loading blog tidak lebih dari 5 detik. Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya membuat template blog yang sederhana namun menarik dan rapi. Kurangi penggunaan widget yang tidak perlu agar tidak memperberat loading.  
Memerhatikan elemen pendukung
Elemen pendukung blog sangat banyak salah satunya adalah widget. Memasang widget memang seru khususnya untuk blogger pemula. Namun, jika Anda ingin menggunakan untuk keperluan SEO, maka pilih dan pilah widget yang akan Anda gunakan. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak widget. Pasalnya widget justru memperlambat kinerja blog. Selain itu, pilihan template blog berupa gambar juga tidak disarankan. Ada baiknya menggunakan template sederhana dengan sedikit gambar ataupun template dengan dominasi warna putih. Semakin ringan dan sederhana tampilan blog Anda maka Google akan semakin cepat mengindeksnya. Jangan lupakan pula soal backlink. Semakin banyak mendapatkan backlink berkualitas, maka website Anda akan semakin cepat diindeks oleh Google. Tidak hanya itu, blog Anda berpeluang besar untuk berada di halaman pertama Google.   
Intinya, jangan remehkan tampilan blog Anda jika ingin mempraktikkan SEO. Perhatikan hal dasar di atas agar proses SEO berjalan lebih lancar dan cepat.
Buka Kolom Komentar

0 komentar