Selasa, 02 Februari 2016

Cara Lakukan Riset Keyword yang Benar

Riset keyword tentu saja menjadi hal pertama yang perlu dilakukan jika Anda ingin membuat postingan atau konten yang SEO-Friendly. Riset keyword sendiri merupakan kegiatan mencari kata kunci (keyword) yang juga banyak dicari oleh banyak pengunjung di Google. Dengan mendapatkan keyword dari hasil riset keyword, Anda dapat menjadikan blog atau website Anda menjadi blog/ website yang bermanfaat bagi pengunjung. Mengapa? Karena kebutuhan pengunjung akan suatu konten dapat mereka temukan pada postingan di blog atau website Anda. Lantas bagaimana cara melakukan riset keyword yang benar?

Salah satu cara riset keyword yang paling sering digunakan oleh para blogger yaitu dengan menggunakan tool Google Planner dan berikut langkah-langkahnya. Pertama, masuk terlebih dahulu ke alamat situs http://adwords.google.com/. Anda para pemula lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah log in, pilih Alat dan Analisa -> Perencana Kata Kunci. Kedua, pilih Telusuri Kata Kunci lalu masukan keyword Anda yang ingin ditarget, kategori, dan alamat situs. Ketiga, klik Dapatkan Ide dan buka tab Ide dan Kata Kunci. Tak lama kemudian Anda akan mendapatkan sejumlah keyword yang paling banyak dicari oleh Google dan keyword yang relevan.


Agar Tool Google Planner memberikan hasil penulusuran per bulan yang murni, silahkan Anda pilih atau ganti Percocokan menjadi Persis atau Exact. Langkah selanjutnya yaitu memilih keyword yang memiliki penelusuran rata-rata bulanan yang tinggi (minimal 100 lebih keyword jika bisa). Anda bisa memilih semua atau hanya beberapa keyword saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Keempat, unduh keyword yang sudah Anda dapatkan dengan format MS. Excel. Setelah di layar laptop/ komputer Anda muncul PopUp, silahkan Anda pilih Format File Excel/ CSV. Setelah selesai mengunduh, silahkan urutkan keyword dari jumlah penelusuran tertinggi hingga terendah. Dengan selesai mengurutkan keyword hasil penelusuran, selesai juga tahap-tahap riset keyword.

Anda dapat menggunakan keyword hasil riset keyword sebagai bagian dari judul postingan, anchor text, link profile, url postingan, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menggunakan keyword sebagai nama domain Anda, sebaiknya pilih keyword dengan hasil penelusuran tertinggi. Bagaimana, ingin segera mencoba lakukan riset keyword?
Buka Kolom Komentar

0 komentar