Kamis, 03 Maret 2016

8 Faktor Penting Untuk Membuat Blog Terlihat Lebih SEO Friendly

Membuat Blog tidaklah semudah yang anda bayangkan, banyak sekali teknik yang harus di kuasai agar blog yang anda bangun bisa benar-benar menjadi blog yang lebih Efektif untuk para pembaca. Banyak pengalaman dari para blogger baik yang sudah sukses dan putus di tengah jalan, semuanya berpendapat bahwa aktivitas ngeblog sangatlah tidak mudah untuk dijalankan. Terlebih kita sebagai seorang blogger sangat di tuntut untuk membuat artikel setiap harinya sehingga pada saat kita membuat artikel memang harus benar-benar bagus dengan kualitas yang sangat berbobot. Nah bagaimana caranya mas agar kita mempu membuat artikel yang berbobot ? Caranya sangat mudah, pahami isi artikel kamu terlebih dahulu dan buat lebih menarik dari artikel lainnya yang ada di internet, sehingga semakin menari isi artikel kamu maka semakin bagus pula untuk mendapatkan banyak pengguna internet.

Kadang banyak orang yang beranggapan bahwa dengan membuat blog bagus bisa menjadikan blog cepat ramai, misalnya saja dari segi tampilan blog. Banyak yang beranggapan pula dengan membuat tampilan lebih elegan pengujung akan meningkat dengan drastis. Belum tentu juga, itu anggapan yang salah, mau sesederhana saja google akan mempertimbangkan hal tersebut, dimana blog yang baik bukan hanya mengandalkan dari segi tampilan saja, melainkan dari segi isi artikel dan bobot yang dimuat didalamnya. Nah sahabat blogging disini saya punya beberapa  cara mudah agar blog kamu lebih seo Friendly dari biasanya, ingin tahu seperti apa ? Simak ulasan berikut ini yah.
8 Cara Mudah membuat Blog lebih SEO Friendly
1.     Judul Halaman dan Artikel
Untuk yang pertama kita lihat terlebih dahulu untuk judul artikel dan juga judul laman yang kita buat, semakin judul artikel dan laman menarik maka semakin banyak pula yang mau membacanya. Tak banyak artikel yang memberikan judul memikat untuk di baca, kecuali Artikel berita yang pastinya menarget banyak pasang mata dengan judul artikel yang memikat seperti Rahasia dan juga menggunakan kata-kata sindiran yang intinya memuji namun dengan kata-kata menyinggung. Nah sahabat blogging alangkah lebih baiknya kalau kalian membuat isi artikel yang menarik dan cocok untuk kalian gunakan sebagai daya pikat para pembaca mendapatkan artikel yang berbobot.
2.     Meta Deskripsi
Yang kedua masalah Meta Deksripsi blog yang mana ternyata meta deskripsi ini sangat penting untuk menunjang posisi blog anda di serp google sendiri, misalnya saja pada pembuatan artikel maka alangkah lebih baiknya kalau anda menggunakan meta deskripsi yang cocok untuk penelusuran blog anda nantinya, misalnya saja anda membuat artikel mengenai “ Cara membangun blog yang benar “ maka anda bisa membuat meta deksripsi yang serupa dengan isi artikel yang ada buat sehingga pada saat orang mencari artikel yang dia perlukan akan menemukan isi artikel anda dengan mudah. Pahami terlebih dahulu cara pembuatanya sehingga anda dengan mudah bisa menentukannya di halaman pencarian di serp google sendiri.
3.     URL Blog itu penting sekali
Yang selanjutnya yaitu mengenai URL atau link Url blog anda, dimana URL blog anda harus benar-benar terkait dan relevan sesuai dengan judul artikel yang anda buat. Jika tidak ini sangat berpengaruh terhadap Blog yang sudah anda buat terlebih artikel yang sedang anda buat, untuk itu anda harusa bisa lebih paham lagi terhadap cara pembuatan URL blog yang baik. Alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan URL blog buat sebisa mungkin sama dengan judul artikel namun lebih ringkas dan lebih Aktif. Misalnya saja saya punya judul artikel sepeti ini “ Cara membangun blog yang lebih baik dengan teknik SEO” Mungkin anda bisa membuat URL blog menjadi “ Cara membangun blog yang baik” itu sudah cukup mewakili semua isi artikel yang ada di blog anda. Agar mendapatkan pengunjung yang lebih efisien lagi.
4.     Optimasi Konten
Optimasi konten ternyata juga sangat penting untuk meningkatkan perkembangan blog anda, dimana konten yang lebih berbobot dan juga memiliki daya saing yang tinggi tentu saja akan mendapatkan prioritas terbaik di serp google sendiri, nah untuk itu jangan lupakan mengenai masalah konten artikel yang anda buat, karena pada dasarnya sebuah blog yang sama sekali tidak memiliki konten artikel adalah blog yang sama sekali tidak mempunyai Nilai bobot yang bagus di mesin pencari. Misalnya saja  blog dengan isi produk dan iklan, tentu saja itu bukan artikel melainkan hanya sebatas iklan produk tertentu saja. Untuk itu buatlah artikel yang lebih panjang dan menarik, saya katakan bahwa artikel dengan minimal kata 1000 Kata saja mampu page one di google dengan mudah.
5.     Gambar dan media lainnya
Kemudian yang selanjutnya sebagai pelengkap isi artikel anda yaitu dengan menyertakan isi atau media gambar di artikel anda, mengapa perlu yang namanya Gambar y > Yang mana gambar sangat berpengaruh untuk menjadikan artikel lebih SEO dan lebih jelas lagi unuk para pembaca artikel. Artikel yang memuat gambar dan pelengkap media lainnya tentu saja mempunyai nilai lebih di Internet, ini menjadikan isi artikel kamu lebih baik dari sebelumnya, karena menurut saya indexin gambar lebih cepat dari pada indexing isi artikel anda.
6.     Link Internal
Apa maksud dari Link internal ? Link internal adalah Link yang mengarah ke artikel anda lainnya, dimana artikel anda lainnya ini memliki banyak kaitan yang sama dengan artikel yang sedang dibaca oleh para pembaca blog anda, jadi lebih baik kalau anda memberikan link internal di Blog anda untuk mendapatkan page View tambahan. Teknik ini juga merupakan teknik SEO yang sangat bagus untuk perkembangan blog kalian. Pada dasarnya link internal ini berguna juga untuk memberikan sinyal artikel yang nantinya bisa terindex oleh google, sehingga artikel kalian lebih mudah untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di serp google. Nah untuk itu silahkan berikan minimal 3 link artikel yang saling berkaitan dengan artikel lainnya di artikel anda.
7.     Loading blog anda
Kemudian yang selanjutnya yaitu mengenai waktu loading blog anda, dimana semakin cepat akses untuk semua blog maka semakin baik blog yang anda kelelola. Nah untuk itu buatlah tampilan blog kamu lebih SEO dengan kecepatan minimal idealnya 14 detik saja. Nah untuk itu kalian harus lebih paham dengan membuat tampilan dengan mengkompresnya.
Nah mungkin sampai disini dulu artikel yang kita buat, semoga saja artikel ini bisa berguna lebih baik lagi untuk anda yah, nah sampai disini dulu artikel ini jangan lupa untuk berkunjung ke artikel saya lainnya, dan terimakasih sudah membaca artikel kami. Jangan lupa berikan komentarnya yah.
Read more

7 Strategi membangun Backlink Yang Benar Dan Ampuh

Backlinks adalah salah satu faktor penting di dalam SEO (search engine opitimzation). Selama masih ada mesin pencari (search engine), terutama mesin pencari Google, maka backlinks akan selalu punya peranan penting dalam peningkatan ranking sebuah website di mesin pencari. Backlinks adalah sebuah cara untuk meningkatkan SEO, namun efektivitas backlinks itu sendiri sangat dipengaruhi banyak faktor, misalnya; sumber backlinknya, anchor text, jumlah backlinks, dan lain-lain.
Berdasarkan pengalaman saya, jumlah backlinks tidak bisa menjamin ranking sebuah website akan lebih baik di mesin pencari. Bahkan, backlinks yang terlalu banyak menuju sebuah website justru bisa menyebabkan website tersebut mengalami ‘masalah’, misalnya posisinya merosot di search engine, bahkan bisa mengalami deindex atau dihapus dari daftar hasil pencarian search engine.

Saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang strategi membangun backlinks yang sering saya lakukan. Sebenarnya ini bukan murni hasil pikiran saya, namun belajar dari pengalaman orang lain dan juga dari beberapa sumber lain yang kemudian saya lakukan pada beberapa website yang saya kelola. Hasilnya memang berfariasi, beberapa website saya mengalami peningkatan yang cukup baik secara perlahan-lahan, dan sebagian lainnya mengalami peningkatan ranking yang sangat signifikan.
Strategi Membangun Backlinks
1. Penggunaan Anchor Text
Kalau jaman dulu, membuat posisi website untuk kata kunci tertentu biasanya dengan menggunakan anchor text yang persis seperti kata kunci yang dibidik (exact match) sebanyak-banyaknya. Tapi jaman Google Penguin dan Panda, cara seperti ini tidak dianjurkan karena justru akan membuat website yang dibacklinks mendapat masalah.
Persentase Anchor text yang dianjurkan untuk backlinks: Exact match: 0 – 15% (misalnya: Toko sepatu murah, pakaian wanita trendy, jasa SEO murah, bisnis online, dll).Untuk angka persentase tidak harus persis seperti yang saya sebutkan di atas, bisa dikira-kira sendiri oleh pemilik website. Yang pasti, backlinks yang digunakan sebaiknya dibuat dengan anchor text yang berfariasi.
2. Sumber Backlink Yang Relevan (link relevancy)
Banyak internet marketer dan blogger yang tidak perduli sumber backlinksnya dari mana saja, yang penting dapat backlinks. Kalau Anda salah satu orang yang sering berpikir seperti itu, maka Anda harus mengubahnya karena relevansi sebuah sumber backlinks sangat berpengaruh pada kualitas backlink yang kita bangun. Misalnya saja saya memiliki blog dengan konten/ topik tentang Internet Marketing, tentunya akan lebih baik bila mendapatkan backlinks dari website/ blog yang punya topik yang sama atau masih berkaitan dengan topik website saya.
Selain itu, konten di sekitar links juga sangat berpengaruh pada kualitas link tersebut. Misalnya saya membuat sebuah artikel yang membahas tentang “Cara menanam cabai” pada sebuah blog yang topiknya tentang Agrobisnis. Lalu tiba-tiba ada link di dalam artikel tersebut yang menuju halaman website lain yang isinya tentang “Tips merawat sepeda motor”. Tentunya ini bukan cara yang benar dalam membangun backlinks untuk website kita.
3. Variasi sumber backlinks (link diversity)
Ini sangat penting untuk diperhatikan ketika membangun backlinks ke website kita. Sebuah website biasanya akan mendapatkan ranking yang sangat bagus bila website tersebut mendapat links dari berbagai jenis website dibandingkan bila links berasal dari satu jenis website.
Kita bisa membangun links dari beberapa sumber, diantaranya; Web 2.0, Web PDF sharing, situs media sosial (Facebook, Twitter, Google plus), Blog roll, situs berbagi gambar (Pinterest), Forum, Social bookmarking, dan lain-lain. Semakin bervariasi sumber backlinks ke website kita maka akan terlihat lebih natural.
4. Rel Nofollow dan Dofollow
Banyak blogger dan internet marketer yang “meremehkan” link nofollow dan hanya memberikan backlinks dofollow kepada website mereka. Fakta yang ada di ‘lapangan’ adalah sangat banyak website yang memiliki ranking bagus di SERP setelah diberikan backlinks nofollow. Memang link nofollow tidak akan “menyumbang” untuk page rank (PR) sebuah website, tapi tetap akan memberikan link juice.
5. Backlink dari IP dan C Blocks yang berbeda
IP (internet protocol) adalah alamat sebuah komputer yang unik pada jaringan internet, atau bisa juga dianalogikan seperti alamat rumah kita, nomor rumah, nomor kode pos, dan daerah. Internet protocol (IP) di Indonesia misalnya 103.244.204.0 dan 103.244.245.0. Nah, C blocks adalah angka yang saya bold dan digaris bawahi.
Backlinks yang berasal dari website dengan IP dan C blocks yang berbeda jauh lebih baik dibandingkan dengan backlinks dari website dengan IP dan C blocks yang sama. Yang dimaksud di sini adalah host sebuah website yang nge-link ke situs Anda berasal dari IP dan C blocks yang berbeda. Misalnya, Web 2.0 seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, Blog.com, dan lain-lain. Jadi, jika Anda memiliki beberapa website dimana hostingnya berasal dari satu host, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memasang link satu sama lain.
6. Distribusi arah link ke website
Sebaiknya backlinks diarahkan ke beberapa halaman di dalam satu website, jangan hanya memberikan links ke home page saja. Beberapa orang mungkin terlalu fokus memberikan backlink ke home page, tapi menurut pengalaman saya, akan lebih baik jika distribusi backlinks juga diarahkan ke halaman lain (inner pages) di dalam website tersebut.
Persentase jumlah backlinks ke homepage dan inner pages yang disarankan:
    Home page: 20% – 50%
    Inner pages: 50% – 80%
7. Scheduling backlinks (Timing)
Membangun backlinks ke website/ blog akan lebih baik bila dikerjakan secara bertahap agar terlihat natural. Coba bandingkan mana yang lebih natural, 1000 backlinks yang dibangun hanya dalam satu hari lalu tidak ada backlinks di hari-hari berikutnya ATAU 1000 backlinks yang dibangun dalam 3 bulan – sekitar 11 link per hari – secara bertahap, Anda pasti sudah tahu jawabnya. Membangun backlinks ke sebuah website dengan jumlah terlalu banyak dan dalam tempo yang singkat akan memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa situs Anda dioptimasi dengan cara yang berlebihan. Resiko yang bisa terjadi adalah website tersebut akan mengalami penurunan ranking atau bahkan deindex.
Selain itu, kita juga perlu memperhatikan umur website yang akan diberikan backlinks. Logikanya, website/ blog yang umurnya masih sangat ‘muda’ – apalagi domain baru – backlinksnya masih sedikit atau belum ada backlinks. Akan sangat tidak wajar bila website dengan domain baru tiba-tiba memiliki ribuan backlinks dari berbagai situs. Resiko terburuk yang bisa terjadi pada website tersebut adalah deindex, kalau tidak percaya silahkan dibuktikan hehehe.
Yang disebutkan di atas adalah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam membangun backlinks ke Website bisnis kita. Mungkin masih ada beberapa hal yang saya lewatkan, tapi setidaknya cara di atas sudah terbukti berhasil memberikan dampak positif untuk website saya. Kalau Anda ada masukan atau tambahan lain tentang strategi membangun backlinks, silahkan bagikan melalui form komentar di bawah. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)
Read more

Apa Itu SEO ? Dan Berikut Fakta Salah Mengenai SEO

Seringkali saya tersenyum sendiri ketika membaca komentar-komentar SEOers pemula tentang SEO (Search Engine Optimization). Bukan mau mengatakan bahwa saya ini hebat atau pakar SEO, tapi memang saya sudah cukup lama mempelajari perkembangan dan perubahan yang terjadi pada #SEO, dan banyak yang tidak sesuai dengan beberapa mitos yang beredar dikalangan pelaku SEO.

Di dalam dunia online marketing (khususnya SEO), hal ini sering terjadi. Misalnya sebuah perusahaan menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimasi website mereka sendiri, namun ternyata mereka melakukannya dengan cara yang salah. Atau seseorang dalam industri online marketing membuat pernyataan yang keliru tentang SEO sehingga membuat perusahaannya menjadi terlihat tidak kompeten. Faktanya, banyak mitos yang keliru tentang SEO.
Para pemula seringkali menyalahkan perubahan Algoritma Search Engine (Google) yang memang update secara berkala. Bahkan beberapa orang pernah menyebutkan bahwa update Algoritma mesin pencari Google adalah hanya akal-akalan pihak Google saja agar memuaskan para pengiklan di Google Adwords. Sebenarnya blog webmaster tools sudah memperingatkan webmaster agar mengoptimasi website mereka dengan sewajarnya. Salah satunya adalah peringatan/larangan mengenai praktek jual beli link kepada orang lain untuk mendapatkan Page Rank (PR).
Berikut ini adalah beberapa mitos keliru tentang SEO
1. Mendapat Peringkat #1 di Google adalah Yang Terpenting
Memang posisi yang baik di mesin pencari akan sangat membantu meningkatkan trafik karena jumlah klik ke website kita akan lebih besar, tapi bukan berarti hal itu adalah yang terpenting dalam pemasaran online. Dan sebenarnya posisi di mesin pencari tidak selalu menjadi jaminan klik ke website Anda akan selalu bagus, tapi memang ini bisa menjadi sebuah awal yang baik bagi kampanye #online marketing Anda.
Sekarang ini Google rutin mengupdate algoritma mesin pencari mereka sehingga mempengaruhi hasil pencarian mereka. Website/ blog yang memiliki konten yang relevan, dengan listing yang user-friendly di mesin pencari biasanya performanya lebih baik. Secara teoritis website yang berada pada urutan #3 atau #4 dalam hasil pencarian Google bisa saja mendapatkan klik lebih banyak dibandingkan website yang berada di posisi #1.
2. Semua Webmaster dan Orang IT Bisa Melakukan SEO
Nah pemikiran seperti ini seringkali kita temukan pada pemilik bisnis yang ingin mengoptimasi website mereka di mesin pencari. Faktanya tidak semua webmaster atau orang IT di kantor/ perusahaan Anda mengerti tentang SEO.
Misalnya Anda menyewa seorang web desainer atau seorang webmaster untuk membuatkan website bisnis Anda. Mungkin mereka bisa melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan optimasi website Anda, misalnya membuat pengaturan XML Site Map, redirects, dan membuat robot.txt untuk website Anda, tapi belum tentu mereka mengerti untuk mengoptimasi website Anda di mesin pencari. Sama halnya seperti meminta bantuan kepada seorang ahli listrik untuk memperbaiki komputer Anda yang rusak.
3. SEO Website Cukup Dilakukan Sekali Saja
Jujur saja, saya beberapa kali membaca status Facebook seorang SEOers yang mengatakan bahwa mereka telah selesai melakukan optimasi (SEO) website mereka dan cukup puas dengan hasil yang dicapai. Menurut saya, SEO bukanlah sebuah pekerjaan yang ada titik akhirnya, karena para kompetitor Anda juga melakukan hal yang sama, mengoptimasi website mereka terus menerus.
Selain itu, Google juga selalu meng-update hasil pencariannya, sehingga hasil pencarian mereka bisa berubah dari waktu ke waktu. SEO itu adalah proses yang berjalan terus menerus dan membutuhkan investasi waktu dan upaya secara periodik.
4. SEO dan Media Sosial Tidak Ada Hubungannya Sama Sekali
Ternyata cukup banyak lho pelaku SEO yang beranggapan bahwa media sosial tidak ada hubungannya sama sekali dengan SEO. Faktanya, search engine memberikan penilaian khusus pada halaman website yang memiliki unsur otoritas di media sosial. Inilah sebabnya mengapa kemudian ada istilah Social Search, karena media sosial dan SEO sangat erat hubungannya.
Contoh yang bisa kita lihat adalah upaya keras yang dilakukan oleh pihak Google dalam mengembangkan media sosial Google+ dan Google Authorship. Konten yang relevan dan berasal dari sumber terpercaya (penulis yang punya otoritas) akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian Google, dan konten yang banyak dibagikan di media sosial lebih mudah dipercaya. Jadi, mereka ini (SEO dan Social Media) adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan.
5. Semakin Banyak Backlinks Akan Semakin Baik
Google terus melakukan update pada algoritma mereka, bahkan beberapa perubahan tersebut membuat banyak website pemain SEO ‘terkapar’ bahkan hilang dari halaman pencarian Google. Bagaimanapun perubahan yang dilakukan oleh Google pada algoritma mereka, inbound links (backlinks) tetap merupakan salah satu faktor penentu rangking sebuah website di mesin pencari Google. Namun, jika Anda hanya fokus pada link building maka hal ini seperti sedang menggali ‘kuburan’ bagi website Anda sendiri. Links ke website Anda memang bisa bertambah pesat, tapi belum tentu dengan kualitas yang baik.
Investasikan waktu dan uang untuk membangun konten yang berkualitas lebih banyak. Ini akan membantu keberhasilan sebuah website/ blog untuk jangka panjang, misalnya dengan membuat artikel menarik di blog  bisnis Anda, atau mengundang penulis tamu, dan lainnya. Tapi tidak cukup hanya sekedar menulis artikel, kita juga harus punya tujuan pada setiap artikel yang dibangun.
6. Tag H1 Adalah Kunci Keberhasilan SEO
Mitos ini sudah cukup jadul sebenarnya. Banyak SEOers yang beranggapan bahwa kunci keberhasilan dalam SEO adalah tag H1 (pada Title). Struktur konten di dalam halaman website kita memang menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi keberhasilan di SERP Google, dan bagi audiens juga tentunya. Pada satu titik H1 memang sangat penting, tapi search engine selalu belajar dan melakukan penyesuaian yang dibutuhkan.
Pelaku SEO tipe jadul biasanya terlalu fokus pada H1, dan bahkan seringkali memaksakan memasukkan kata kunci ke dalam H1 sehingga terkesan SPAM. Sekarang ini praktek seperti itu sudah tidak begitu efektif (walaupun H1 masih berpengaruh pada SEO), yang lebih penting lagi adalah informasi yang ada di dalam halaman website kita relevan dengan topik yang dibahas.
7. Semakin Banyak Indeks di Google Maka Akan Semakin Baik
Sampai sekarang masih banyak yang beranggapan bahwa indeks website yang besar pada Google adalah sebuah pertanda bahwa website kita semakin berkualitas. Menurut saya ini adalah sebuah pemahaman yang cukup keliru. Beberapa teman blogger menggunakan banyak tags untuk satu halaman artikel di website mereka, dengan harapan semua tags itu akan terindeks dan menghasilkan trafik lebih besar.
Masalahnya, seringkali kita memasukkan banyak keywords untuk tags tanpa memperhatikan relevansi keywords tersebut dengan isi konten atau topik yang dibahas. Memang indeks website akan meningkat pesat karena penggunaan tags yang banyak ini. Namun kemudian ketika search engine Google menemukan bahwa tags tersebut tidak berhubungan dengan konten, kemungkinan indeks tersebut akan dihapus atau bahkan halaman konten tersebut akan mendapat masalah di SERP. Ini bukan sesuatu yang pasti, tapi saya lebih baik menghindarinya dari pada mengambil resiko.
8. SEO Adalah Sebuah Seni Yang Misterius dan Tidak Pasti
Ok, saya sependapat bahwa posisi sebuah halaman website di SERP Google bisa berubah dan bisa berganti kapan saja. Namun, ada sebuah kecendrungan yang selalu terjadi dan pasti, SERP Google selalu berusaha memberikan hasil pencarian yang paling relevan bagi pengguna mereka. Dan hasil pencarian Google selalu semakin baik dari hari ke hari, mereka menampilkan halaman website yang berisi konten yang paling relevan dan bermanfaat kepada penggunanya. Artinya apa? SEO itu ternyata tidak misterius, memang tidak pasti tapi ada kecendrungan.
Jika Anda atau perusahaan Anda bekerjasama dengan seseorang/ perusahaan jasa SEO untuk mengoptimasi website bisnis Anda, sudah seharusnya Anda ikut terlibat. Masukan dari Anda sangat penting bagi perusahaan jasa SEO tersebut, karena SEO itu bukan hanya serangkaian langkah-langkah optimasi yang bisa diterapkan pada semua niche. Sangat penting bagi mereka untuk memahami tentang bisnis Anda, memahami kompetitor, untuk menemukan strategi yang bisa meningkatkan konversi bagi bisnis Anda secara terus menerus.

Kesimpulan dari artikel ini, pengalaman audiens selama berada di dalam website bisnis Anda adalah sesuatu yang sangat penting bagi kampanye SEO Anda. Semakin baik pengalaman pengunjung website Anda (berkaitan dengan relevansi konten dan manfaatnya bagi pembaca) maka SEO website Anda juga akan semakin baik. Good luck with your SEO!
Read more

8 Tips Mudah Membuat Pengujung Blog Merasa Betah Di Blog Kita

8 Tips Mudah Membuat Pengujung Blog Merasa Betah Di Blog Kita. Halo sahabat blogging, masih bertemu lagi dengan saya untuk membahas mengenai permasalahan Blogging yang hingga saat ini banyak sekali di perbincangkan orang. Nah untuk kali ini saya ingin membahas mengenai masalah Pengujung bLog yang mana kadang para blogger sangat mempermasalahkan hal ini. Pengujung menjadi tujuan pertama pra blogger untuk mendapatkan penghasilan dari aktivits Ngeblo yang mereka lakukan, nah pada dasarnya blogging merupakan kegiatan yang begitu menyenangkan dan juga menambahkan pengalaman bagi diri sendiri. Nah teman-teman blogger, ada beberapa manfaat yang sebenarnya harus kalian ketahui dengan permasalahan Blogging ini, yang paling utama yaitu Masalah Konten artikel dan juga isi artikel yang anda buat. Kadang kita melihat banyak sekali blog yang hanya berisikan artikel Musiman yang selalu bisa kita dapatkan di Internet. Tapi mereka sadari sebenarnya masih banyak peluang lainnya untuk membuat artikel yang lebih Ori dan masih mempunyai kompetitor sedikit. Pada dasarnya kalau anda membuat artikel dengan kompetitor sedikit maka bisa di pastikan setelah 3 bulan kemudian akan banyak perubahan yaitu Blog anda bisa nangkring di Halaman pertama dan tentunya blog anda akan menempati halaman pertama untuk 1 artikel yang sudah anda bidik.

Ok sahabat blogging berikut ini beberapa cara mudah agar pengujung betah di Blog anda :
Berikan sesuatu Yang Yang Bermanfaat
Yang pertama yaitu mengenai manfaat dan membuatnya lebih tertarik dengan blog anda, orang akan lebih suka dengan hal-hal yang tertarik, nah untuk itu buatlah isi dan juga tampilan blog anda lebih berbeda dengan blog lainnya. Yang mana Blog pad Dasarnya hanya untuk memberikan informasi melalui internet dan anda sebagai penggunaanya hanya untuk mengaksesnya dengan mudah untuk di smartphone maupun dari Meu destop anda. Agar lebih menarik mungkin anda bisa memberikan sedikit kata-kata sambutan ketika orang mengakses Blog anda atau juga dengan cara lainnya. Nah selamat mencoba untuk mendapatkan pengunjung yah.
Gunakan Postingan Terkait
Yang kedua yaitu dengan memasang widget Postingan menarik, yang mana postingan yang saling berkaitan ini akan memberikan kelebihan tersendiri untuk artikel yang saling berkaitan. Nah ketika pengunjung membutuhkan artikel yang mereka anggap sangat penting dan mereka menemukan artikel lainnya yang saling berkait tentu saja mereka akan segera mengunjunginya. Nah untuk itu alangkah lebih baiknya kalau anda membuat postingan terkait yang ada dibawah postingan sehingga pada saat orang selesai membaca artikel anda akan di suguhkan secara otomatis artikel lainnya yang sudah di kemas dalam 1 Kategori yang terkait. Cara ini sangat bagus selain untuk membuat pengujung merasa betah juga bisa membuat Teknik SEO trafik blog anda berhasil.
Buat Postingan acak
Yang ketiga yaitu dengan membuat postingan secara acak di halaman Homepage blog anda, dengan begitu anda bisa mendapatkan banyak sekali pengguna yang membaca artikel di blog anda. Pada dasarnya blog yang mempunyai postingan secara acak dan berjumlah 20 Postingan bisa memberikan pilihan lanjutan kepada para pembaca yang tadinya sama sekali tidak mempunyai minat untuk membuka artikel lain, tapi setelah dia melihat dan cukup berguna untuk pengetahuannya maka bisa jadi orang tersebut akan melihat artikel lainnya yang dianggap menarik dan cocok untuk di baca. Lebih mudah dan juga teknik yang cukup bagus untuk membuat pembaca anda merasa betah di blog anda.
Buat Menu Popular Post
Kemudian yang selanjutnya alangkah lebih baiknya kalau anda menyertakan yang namanya Populer post. Apa itu Populer Post ? Yaitu artikel yang paling banyak di baca dan juga menarik untuk di baca. Pada dasarnya artikel populer ini bertujuan untuk memberikan minat tambahan kepada para pembaca isi blog untuk mendapatkan artikel menarik lainnya, syukur-syukur artikel populer ini masih berkaitan lagi dengan artikel yang sedang di baca sehingga akan lebih mendapatkan banyak PAGE VIEW untuk anda dan mereka menjadi lebih betah untuk berlama-lama di blog anda demi menadapatkan artikel yang lebih menarik lagi.
Sediakan Halaman Arsip Blog
Kemudian yang berikutnya jika anda ingin mendapatkan banyak pelanggan atau pembaca setia anda bisa menggunakan halaman arsip yang ada diblog anda untuk menampilkan semua isi artikel yang ada di blog anda sesuai dengan bulan dan juga tanggal yang ada. Jadi akan banyak sekali pengguna yang mencoba membuka isi artikel anda baik itu merupakan artikel yang sudah lama sekali anda terbitkan dan juga artikel yang masih baru. Gunanya selain untuk membuat para pembaca mendapatkan banyak sekali pilihan juga bisa meningkatkan Page views dan indexing dari blog yang anda kelola sendiri. Buktikan secara langsung untuk mendapatkan banyak Page View dan pengalaman yang baik pada saat anda membangun blog.
Gunakan Navigasi Blog Yang Jelas
Kemudian yang kedua anda bisa menggunakan navigasi Blog anda dengan jelas, yang mana Fungsi dari Navigasi blog ini sendiri yaitu bertujuan untuk membuat para pengguna blog lebih enak untuk mengakses dan menjelajah isi blog anda sendiri. Alangkah lebih baiknya kalau navigasi blog ini di berikan pada menu  Tab bagian atas dan di kemas dalam 1 kategori tertentu misalnya saja kategori artikel keren, kategori Blogging, kategori Internet dan juga kategiori lainnya yang mungkin bisa berhubungan satu sama lainnya. Cara ini cukup menarik untuk mendapatkan banyak pengujung setiap dan pastinya mereka akan betah untuk berlama – lama di blog anda.
Kreasikan template yang baik
Yang selanjutnya yaitu dengan mengkreasikan template yang sangat bagus untuk blog anda, jangan bagus karena tampilannya saja tapi mulai dari kelengkapan Fitur yang diberikan. Sehingga pada saat orang mengakses blog anda akan lebih mudah menemukan semua isi yang ada di Blog anda. Nah untuk itu jangan lupa juga untuk membuatnya terlihat lebih ringan dari biasanya, karena pada dasarnya template blog yang ringan akan membuat para pengguna akan lebih mudah mengakses dengan data yang masih lemot. Silahkan dicoba langsung yah sahabat blogging jangan lupa untuk memberikan tampilan yang tidak terlalu mencolok juga yah.
Pahami yang di Inginkan Pembaca
Yang selanjutnya yaitu dengan memahami apa yang di inginkan para pembaca terhadap blog anda.tentu saja anda akan mengetahuinya dengan membaca komentar yang diberikan oleh mereka, silahkan lihat atau anda bisa membuatnya sendiri seperti apa tampilan blog anda di depan mereka.
Nah itulah beberapa cara mudah untuk mendapatkan pengujung yang loyal dan mau berlama-lama di blog anda, semoga bisa menjadikan manfaat yang baik untuk anda semuanya. Terimakasih sudah membaca isi artikel ini yah. jangan lupa untuk memberikan Komentar terbaik kalian. Terimakasih.
Read more